Mengalihkan HTTP ke HTTPS dengan HTACCESS

Berkas .htaccess (akses hypertext) adalah file konfigurasi tingkat direktori yang didukung oleh beberapa server web, yang memungkinkan pengelolaan server web terdesentralisasi dikonfigurasi. Mereka ditempatkan di dalam pohon web, dan dapat mengganti subkumpulan konfigurasi global server untuk direktori tempat mereka berada, dan semua subdirektori.

Tujuan asli dari .htaccess - yang tercermin dalam namanya - adalah untuk memungkinkan kontrol akses per direktori oleh, misalnya, memerlukan kata sandi untuk mengakses konten. Namun, yang lebih umum lagi, file .htaccess menimpa banyak pengaturan konfigurasi lainnya seperti jenis konten, set karakter, penangan CGI, dll.
Wikipedia.org

PojokCoding.co.id - HTTPS adalah kependekan dari HyperText Transfer Protocol Secure yang merupakan sambungan protokol aman. Dimana data-data yang akan kamu kirim ke situs tersebut dapat dipertanggung jawabkan oleh pemilik situs karena data-data pemilik situs sendiri sudah diverifikasi oleh otoritas sertifikat.

Nah, apabila sertifikat tidak valid, maka akan muncul warning page seperti ini:
PojokCoding - Contoh Invalid Secure

Bagaimana mendapatkan sertifikat ini? Tinggal beli aja mblo SSL dipenyedia layanan seperti GoDaddy, NameCheap, atau yang lainnya.

Sementara apabila valid diperamban atau browser akan muncul seperti ini:

Oke, langsung saja salin code ini:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule ^(.*)$ https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [L,R=301]

Nah cukup mudah ya? oke sekian dari saya kali ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.