MySQL Logo

PojokCoding - Tidak dipungkiri bahwa MySQL merupakan software cms database open source (lisensi terbuka) yang paling populer dan banyak digunakan oleh situs-situs besar di Internet. Tetapi sebagai developer kita juga dituntut membuat CMS lebih baik dalam penggunakan resource database yang lebih efisien ketika perintah kirim, proses, dan terima dari situs ke database ini. Salah satu tuntutan adalah bagaimana menggunakan tipe tabel antara InnoDB dan MyISAM pada Engine Stroage.

InnoDB

Yang pertama InnoDB, tipe ini lebih mampu menyimpan data lebih besar yang mana sangat membantu apabila situsmu merupakan situs dengan konten skala besar. Pengalaman saya sendiri, InnoDB mampu memegang tugas-tugas menjadi lebih baik dimana Optimasi, Perbaikan dan lain-lain bisa dikerjakan secara otomatis.

Tetapi perlu diingat juga, penggunaan memori dari tipe ini cukup besar dan tidak disarankan untuk data-data dengan ukuran kecil.

MyISAM

Tipe data ini merupakan salah satu tipe data yang paling banyak digunakan oleh programmer dimana penggunaan memori lebih kecil dari pada tipe InnoDB. Nah, MyISAM juga membutuhkan kita untuk melakukan repair table (perbaikan) apabila table mengalami crash, optimasi memori juga harus dilakukan secara manual.

Namun, tipe data ini paling cocok untuk kamu yang hanya ingin menyimpan data-data kecil dalam jumlah yang kecil.

Well, silahkan dicoba dan dibandingkan bagaimana perbedaan menurut kamu masing-masing tipe data diatas.