CMS

CMS adalah kependekan dari Content Management System yang berarti Konten bisa dikelola melalui sistem yang telah dibuat baik melalui internal atau ekstenal pengelola (Panel).

Internal Panel merupakan panel yang pada dasarnya merupakan panel yang melekat dan ditujukan untuk mengatur konten (dalam hal ini konten pada halaman dokumen) yang berada pada 1 sistem dengan url yang sama dengan situs yang diatur. Kebanyakan orang menyebutnya CMS Self Hosting seperti Wordpress.org, Drupal, Joomla dan sebagainya.

Ekstenal Panel adalah panel yang tidak berada satu sistem (walaupun pada dasarnya menggunakan CMS yang sama) dengan konten utama web dokumennya. Beberapa orang menyebutnya platform builder seperti Blogger.com, Wordpress.com, WapBlog.ID dan sejenisnya.

Dalam membuat CMS, biasanya para Developer tidak jauh-jauh dengan software bernama database. Database adalah sekumpulan data yang disimpan pada komputer secara sistematis yang akan bisa digunakan ketika dibutuhkan. Contoh software database ini Oracle Database, Microsoft SQL Server, PostGreSQL, MySQL, Maria DB dan lain-lain.

Di PojokCoding.co.id kali ini, kita akan menggunakan dua software yaitu Apache dan MySQL. Pada baigan ini, CMS yang dibangun hanya sebatas CMS Dasar yang bisa kalian kembangkan sesuai kemauan dan kehendak kalian sendiri.

Hai teman, selamat datang.

1